Rabu, 11 Mei 2016

Rajut

Pengertian Rajut 

Rajut atau rajutan merupakan sebuah produk berupa kain, yang proses pembuatan kain itu dilakukan dengan cara mengait-ngaitkan sehelai benang dengan jarum secara teratur dan sistematis yang prosesnya bisa menggunakan tangan ataupun mesin, tindakan ini disebut dengan merajut.
rajut
Jadi bisa disimpulkan hasil pekerjaan merajut disebut dengan rajut atau rajutan, kain rajut ini dibentuk bermacam - macam hingga menjadi beberapa produk utama, dibawah ini adalah contoh dari beberapa produk rajut, diantaranya :
  • Baju Rajut, baju rajut bermacam - macam jenisnya namun bisa dikelompokan menjadi 5 yaitu : Cardigan, Sweater, Vest (Rompi), Blazer, Long Dress.
  • Tas Rajut, tas rajut bentuknya seperti tas yang berbahan rajutan rata - rata dipakai oleh wanita. 
  • Kaos Kaki Rajut, kaos kaki rajut terbuat dari mesin 16 Get dan 12 Get (ukuran jarum rajut yang tipis). 
  • Sarung Tangan Rajut, sarung tangan rajut terbuat dari mesin 16 Get biasa dipakai oleh wanita dan yang terbuat dari mesin 12 Get dipakai oleh pria.
  • Syal Rajut, syal rajut banyak dipakai oleh kaum pria dan cocok digunakan ketika musim dingin. 
  • Sepatu Rajut, sepatu rajut biasa dipakai oleh bayi dan anak - anak dan proses pembuatan sepatu ini masih tradisional (menggunakan tangan).
  • Kupluk Rajut, kupluk rajut berbentuk seperti topi namun hanya bulatan kepala saja tanpa penghalang matahari.
  • Topi Rajut, tas rajut berbentuk seperti topi biasa namun terbuat dari bahan rajut.
  • Kerudung Rajut, kerudung rajut bentuk kerudung sama namun bahannya dari kain rajutan yang bervariasi.
  • Selendang Rajut, selendang rajut hampir seperti syal namun selendang ini rata - rata dipakai oleh wanita.

Sejarah rajut

Sejarah rajut, mengenai sejarah rajut ini sangat banyak versi yang menceritakan rajut itu berasal dari german, belanda, Arab dan jamaica sangat berbeda sekali asal muasalnya. Kita akan bahas satu persatu sejarah rajut dari beberapa versi tersebut.
  1. Sejarah rajut dari German, konon di german dimana pada masa itu peradaban manusia sudah berkembang, ada seseorang pemuda yang bernama Virgan Smoch dari german yang sedang jatuh cinta terhadap seorang wanita bernama Joshepine, Virgan sangat mengagumi kecantikan dari joshepine, Virgan yang berasal dari keluarga miskin mencintai joshepine dari keluarga bangsawan. Pada saat itu sedang cuaca dingin dan Virgan tidak tahu harus memberi apa terhadap Joshepine, Virgan sedang dalam kondisi mabuk berat dan berada di dekat pabrik benang merenung akan nasibnya yang malang, tanpa disadari ketika sedang memikirkan cara apa atau tindakan apa untuk membuat joshepine akan mencintainya, tangan Virgan tak sengaja memegang benang dan mengaitkan benang dengan potongan pipa rokok  yang telah dibelahnya karena merasa stress tembakaunya habis sehingga pipa rokok tersebut terbelah dua (pipa rokok zaman dahulu sangatlah panjang kira - kira 40cm) itu sehingga terbentuklah sebuah kain. Dan hasil rajutan itu menjadi sebuah selendang yang bagus, sehingga Virgan memproduksi selendang, hingga Virgan menjadi pebisnis selendang pada masa itu.
  2. Sejarah rajut dari Belanda, ini sangat berbeda sekali dengan sejarah rajut dari German. Di Belanda rajut ditemukan oleh seorang wanita bernama Pamela Van Der Saar seorang ibu rumah tangga yang membuat kain dengan menggunakan tusuk rambut di Indonesia dikenal dengan tusuk konde, untuk membuat baju anak yang terbuat dari benang wol (benang yang dibuat dari bulu domba) yang mana pada masa itu suaminya sedang tidak ada dirumah (nelayan yang mencari ikan).
  3. Sejarah rajut dari Jamaica, pada tahun 1825 Jamaica belum menjadi sebuah negara yang independen, pada masa itu masih kesukuan dan yang membuat rajut pertama kali itu adalah Johanes Bunt anak kepala suku kulit hitam, rajut itu diciptakannya untuk membuat topi besar seperti topi regae zaman sekarang yang dibuat dari benang yang berasal dari karung beras yang tebal dengan menggunakan sumpit (alat makan orang cina) yang mana sumpit tersebut milik binatu (tempat mencuci baju) orang cina itu temannya Johanes.
  4. Sejarah rajut dari Arab, merajut pertama kali dilakukan oleh kaum pria di Jazirah Arab, Timur Tengah. Tujuannya untuk membuat permadani yang diperdagangkan oleh para pedagang Arab.
Rajut sangat memiliki peran penting dalam dunia fashion hingga pada tahun 1900 berkembang di Eropa dan kini berkembang pula di Indonesia. Hingga seiring zaman rajut pada tahun 1935 diproduksi menggunakan mesin rajut yang telah disesuaikan untuk beberapa pola rajut, yang mana sekarang dikenal dengan rajut modern dan rajut yang menggunakan tangan disebut dengan rajut tradisional.

Perkembangan rajut di Indonesia sebagai pioneer rajut adalah di Binongjati, Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, yang mana hingga saat ini menjadi pusat industri rajut atau pusat industri rajutan.

Sebagai kesimpulan akhir :
  • rajut atau rajutan adalah hasil dari pengerjaan merajut.
  • Sejarah rajut memiliki banyak versi yaitu sejarah rajut dari German, sejarah rajut dari Belanda, sejarah rajut dari Arab dan sejarah rajut dari Jamaica.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda mengatasi kesimpangsiuran arti rajut / rajutan. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya semoga bisa berguna dan menjadi bahan informasi yang faktual untuk anda semua. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar